6 Tips Lari ala Indo Runners

Jakarta – Kendati terlihat simpel, olahraga lari juga butuh beberapa persiapan. Hal itu diperlukan agar diperoleh satu kenyamanan saat melakukan aktivitas gerak tubuh yang boleh dibilang paling sederhana.


Memeriksa kondisi badan hingga memilih pakaian yang dikenakan saat berlari menjadi hal yang sebaiknya dilakukan.\


Berikut ini adalah tips lari a la komunitas Indo Runners yang seperti dituturkan oleh Co-founders-nya, Yomi Wardhana, dalam perbincangan bersama detikSport, Kamis (13/6/2013):


1. Pastikan diri sehat

Memastikan kebugaran badan sangat penting sebelum memulai olahraga lari. Hal itu untuk mencegah agar tak berisiko terjatuh atau bahkan pingsan di jalan. Dengan kondisi badan yang fit, maka akan diperoleh hasil yang maksimal saat melakukan olahraga lari.

2. Gunakan sepatu khusus lari

Berlari akan semakin nyaman kalau memakai sepatu khusus untuk lari. Pemilihan sepatu ini juga bertujuan untuk menghindari cedera pada otot kaki. Selain untuk kenyamanan, penggunaan sepatu khusus lari ini akan membuat badan tak mudah cepat lelah.

3. Gunakan running gear yang pantas dan nyaman di badan

Pilihan running gear yang pas akan membuat aktivitas lari tambah nyaman. Tapi, ukuran kenyamanan gear yang dipakai kembali kepada pribadi masing-masing.

Menggunakan kaos oblong biasa, atau pakaian khusus lari bebas dipilih asalkan memberikan kenyamanan bagi pengunanya.

4. Gunakan alat bantu ukur

Gadget/smartphone yang ada saat ini bisa difungsikan sebagai alat bantu untuk mendukung aktivitas olahraga lari, contohnya: bisa mengetahui jarak lari yang sudah ditempuh, kalori yang terbuang dan bahkan bisa untuk mengetahui detak jantung (BPM= beat per minute) selama berlari. Hal ini juga bisa difungsikan sebagai alat pemantau kondisi tubuh.

5. Tahu kemampuan diri

Penting bagi para pelari untuk bisa mengetahui kemampuan diri sendiri. Terlebih lagi, saat mengikuti satu lomba lari untuk tidak terpancing mengikuti ritme orang lain, bisa jadi tubuh jadi cepat lelah dan bisa saja malah tak bisa menyelesaikan lomba.

6. Have fun go run!

Memberikan sugesti diri bahwa lari merupakan kegiatan yang menyenangkan akan membuat tubuh juga akan motivasi tersendiri dalam melakukan olahraga lari.

So, Have fun go run. Mari lari.


sumber: https://sport.detik.com/sport-lain/d-2272584/6-tips-lari-ala-indo-runners



Shopping Cart